Ideas Law

Komisi III DPR tetapkan dua Hakim Agung

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komisi III DPR tetapkan dua Hakim Agung

Komisi III DPR menetapkan dua Hakim Agung, yaitu Abdul Manaf untuk Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh untuk Kamar Perdata. Dua calon Hakim Agung tersebut dinyatakan lolos setelah uji kelayakan dan kepatutan.

"Sepuluh fraksi menyetujui untuk memilih Abdul Manaf sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata," kata Desmond Junaidi Mahesa usai rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/07/2018).

Keputusan itu diambil secara aklamasi pada rapat pleno Komisi III, kemudian hasil keputusan itu akan dibawa ke rapat paripurna. Dari keputusan itu Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh akan dilantik sebagai Hakim Agung pada rapat paripurna DPR selanjutnya.

"Dengan demikian, rapat ini secara aklamasi sudah kita pilih, dan kita akan teruskan ke rapat paripurna," kata Desmond.

Desmod mengatakan kedepannya ia berharap Komisi Yudisial (KY) melakukan seleksi sesuai kebutuhan Mahkamah Agung. Ia mengatakan dua calon Hakim Agung yang diajukan KY tidak memenuhi kebutuhan yang diminta MA, yaitu ada 8 jabatan Hakim Agung. Oleh karena itu, Desmod meminta disediakan calon Hakim Agung sesuai kebutuhan.

"Ke depan kami berharap untuk berapa kekurangan Hakim Agung, KY melakukan seleksi sesuai kebutuhan itu agar putusan itu bukan putusan di KY. Seolah-olah KY hari ini adalah menyeleksi yang seharusnya dipilih. itu kan juga enggak bener," tutur Desmod.

Sebelumnya, Komisi III DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Hakim Agung. Kedua calon tersebut adalah Abdul Manaf yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Peradilan Agama dan Pri Prambudi Teguh yang kini menjabat sebagai hakim tinggi pengadilan tinggi Jawa Tengah yang merupakan kakak dari Ganjar Pranowo

"Kami laksanakan (fit and proper test) untuk memenuhi permintaan dua kamar yang masih kosong, kamar perdata dan kamar agama. KY mengajukan dua nama. Nama tersebut telah kami lakukan fit and proper test. Pertama terhadap Pak Abdul Manaf, Kamar Agama, yang kedua terhadap Pak Pri Pambudi Teguh, Kamar Perdata," kata anggota Komisi III DPR Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/07/2018).

Rompi kuning KPK untuk Inneke Koesherawati
Racun kemesraan dalam pernikahan
Demokrat upayakan Jokowi tak lawan kotak kosong
PKS minta kader belajar dari kemenangan Erdogan
Usir jerawat dengan kulit semangka
Gerindra daftarkan mantan koruptor di Pileg 2019
Ngabalin jadi komisaris Angkasa Pura, Fadli: BUMN amburadul
Bumi Manusia bukan sekadar cinta Minke dan Annelies
Politisi berbondong-bondong ke NasDem, ada apa?
Politisi terima uang transfer untuk pindah partai harus lapor KPK
Riza Chalid penampakan di acara NasDem, sudah aman?
Golkar ngotot daftarkan caleg mantan napi korupsi
Nikmati empat hari Festival Bunaken
Film ’22 Menit’ hadir di Anugrah Jurnalistik Polri 2018
Etika politik dan pindah partai
Fetching news ...