Kiat PDIP kembali menangkan Pemilu

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Kiat PDIP kembali menangkan Pemilu Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri)

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kunci strategi pemenangan kembali pemilu oleh partai tersebut adalah semangat gotong royong, yang terbukti secara efektif mampu menekan biaya politik dan memperkuat solidaritas kader.

"Dengan semangat gotong royong pula, strategi pemenangan pemilu dilakukan. Dampaknya beban biaya politik calon berhasil ditekan," kata Hasto di Bali, Jumat (23/02/2018).

Hasto mengatakan Rakernas III PDI Perjuangan menegaskan semangat gotong royong sebagai jiwa dan kepribadian bangsa. Menurut dia, melalui semangat gotong royong, maka PDI Perjuangan mampu bertahan menghadapi situasi yang sangat sulit sekalipun.

"Ketika menyampaikan sambutan pada Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan ke 45 tanggal 10 Januari 2018, Presiden Joko Widodo menegaskan hanya satu kata yang membuat PDI Perjuangan bisa tetap bertahan yaitu Gotong Royong," ujarnya.

Dia mengatakan gotong royong terjadi karena semangat kolektivitas untuk kepentingan bangsa dan negara. Menurut dia, PDI Perjuangan sebagai partai yang berideologi berdasarkan Pancasila selalu mengedepankan semangat gotong royong.

"Bagi kami berpartai adalah mengabdi pada kepentingan kolektif bangsa, bukan orang perorang. Karena itulah Individualisme tidak mendapat tempat di PDI Perjuangan," katanya.

Dia mengatakan PDI Perjuangan terus menata diri, memerbaiki diri, dan memerhebat kaderisasi kepemimpinan partai, dengan tuntutan terhadap standar moral dan etika yang semakin tinggi.

Menurut dia, kesadaran ideologis terus ditanamkan sehingga kader partai diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat tempat dia ditugaskan.

Tentang nomor urut PDIP

Terkait hasil pengundian nomor urut, Hasto sebelumnya menyebut nomor urut tiga yang diperoleh partainya dalam pengundian peserta Pemilu 2019 secara ideologis melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

"Angka '3' melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang Politik; berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata Hasto.

Dia mengatakan Trisakti tersebut juga sbg tujuan dari Nawacita Presiden Joko Widodo sehingga angka tiga penuh dengan suasana kebatinan untuk cita-cita Indonesia Raya.

"Bu Megawati mengingatkan angka 3 tidak hanya simbolisasi salam Metal namun membawa semangat perjuangan kepartaian yang bergerak ke bawah, berada di tengah rakyat, dan pada saat bersamaan Partai menyadari bahwa rakyatlah jiwa dan energi perjuangan kepartaian kita," ujarnya.

Hasto mengatakan salam "Metal" adalah merah total, yaitu salam yang digelorakan oleh anak- anak muda pada Pemilu tahun 1987, para pemuda saat itu, bergerak mendukung PDI sebagai gerakan melawan rejim yang otoriter, yang membungkam demokrasi dengan tangan besi.

Hal itu menurut dia yang sama terjadi, ketika Joko Widodo (Jokowi) dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta, yaitu mendapat no 3 sebagai cerminan gerakan rakyat bawah.

"Dengan angka 3 yang penuh dengan sejarah perjuangan bersama rakyat, maka seluruh anggota dan kader partai diminta untuk terus melakukan konsolidasi, memperbaiki hal-hal yang kurang, dan terus bergotong royong turun kebawah bersama rakyat," ujarnya.

8 pengetahuan tentang seks yang perlu diketahui sebelum menikah
Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa
Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf Amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Fetching news ...