Manajemen Lion Air dinilai amatiran

REPORTED BY: Insan Praditya

Manajemen Lion Air dinilai amatiran Pesawat Lion Air

Pengamat penerbangan Alvian lie menilai cara manajemen maskapai Lion air menangani keluarga korban sangat amatianr. Hal tersebut terlihat dari Standar Operasinal Perusahaan (SOP) dan kebijakan dalam melayani dan menunjukan sikap empati kepada keluarga korban yang sangat kurang.

"Mereka tidak punya SOP tentang manajemen krisis dan kebijakan komunikasi saat krisis. Selain itu, budaya melayani dan kepedulian terhadap pelanggan tidak berkembang sebagai karakter perusahaan," ujarnya saat dihubungi wartawan Rimanews.com di Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Menurutnya, hal tersebut sangat disayangkan karena perusahaan sebesar Lion Air tidak bisa menunjukkan sikap komunikatifnya kepada publik. Hal itu terutama terkait keluarga korban yang ingin menanyakan kejelasan mengenai anggotanya yang menjadi korban pada perjalanan penerbangan nahas itu.

"Cara mereka mengelola informasi untuk publik dan media.sangat amatiran. Apalagi bagi perusahaan sebesar Lion," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan akibat tidak profesionalnya Lion Air, sudah dipastikan manajemen tersebut akan mengalami kesulitan dalam menghadapi krisis besar yang menimpa perusahaan.

"Akibatnya mereka keteteran ketika menghadapi krisis besar saat ini," tegasnya .

Sebelumnya, seorang perwakilan keluarga penumpang Lion Air asal Bangka Belitung mengatakan komunikasi pihak Lion Air kepada pihak keluarga korban sangat minim. Dalam pertemuan itu ia menganggap perusahaan bentukan Rusdi Kirana tersebut dinilai telah gagal dalam menangani keluarga korban yang mencari kejelasan anggotanya.

"Untuk Lion Air, Rusdi Kirana saya anggap gagal. Mungkin bapak saat krisis perlu segera bentuk crisis communication, tidak hanya crisis center," ujar seorang perwakilan keluarga korban di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (05/11/2018).

Amien Rais: Banyak jin dan genderuwo di hotel Borobudur
Fadli Zon dengarkan aspirasi emak-emak Bogor
Jokowi disorot soal komitmen pemberantasan korupsi
Kubu Prabowo nilai Jokowi harus berterima kasih ke Anies soal peresmian MRT
Tanda atasan mencintai Anda
Netralitas Polri dongkrak elektabilitas Jokowi
DPR apresiasi resolusi PBB soal Palestina
Kelangkaan gas Elpiji karena praktek pengoplosan
Fadli Zon nilai menteri ikut kampanye munculkan konflik kepentingan
IHSG anjlok mengikuti pelemahan saham global
Fadli Zon: Jokowi halusinasi
Kemunculan bendera Golkar di kampanye Prabowo adalah masalah pidana
Rizal Ramli sebut Prabowo-Sandi mampu tingkatkan daya beli masyarakat
TKN klaim hubungan luar negeri sebagai keunggulan pemerintahan Jokowi
Jangan lakukan ini sebelum bercinta dengan pasangan
Fetching news ...