Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan sikap posesif adalah salah satu sikap yang memperparah hubungan, baik itu dalam status berpacaran dan suami istri. Ia mengatakan perlu cara berpikir yang sehat dalam sebuah hubungan, walaupun hal itu sedikit sulit dilakukan.

"Kalau posesif itu sikap yang buruk ya, biasanya memperparah hubungan memang. Jadi, dalam sebuah hubungan itu perlu cara berpikir yang sehat, saling percaya tapi terkadang susah, ya, kita kan jarang terbuka satu sama lain," kata Mariana saat dihubungi Rimanews di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Mariana mengatakan pertengkaran dalam setiap hubungan pacaran atau suami istri adalah hal yang wajar. Ia mengatakan yang paling berbahaya adalah jika masalah atau pertengkaran itu tidak dapat diselesaikan oleh kedua pihak, sehingga keduanya merasa tersakiti.

"Biasanya kalau tidak ada penyelesaian dari keduanya terus salah satunya disakiti, tersakiti atau dua-duanya baru itu bisa disebut hubungan yang tidak sehat," ujarnya.

Selanjutnya, Mariana mengatakan dalam setiap hubungan paling penting tidak melakukan kekerasan misalnya dirugikan fisik dan mentalnya. Ia mengatakan dalam sebuah hubungan seseorang harus siap mental jika terjadi kekerasan.

"Kekerasan itu seperti yang sudah dijelaskan membuat seseorang dirugikan bahkan celaka secara fisik dan mental secara psikis dan materi bahkan ada yang mau bunuh diri, ada yang dibunuh juga. Jadi, intinya kalau mau hubungan harus siapkan mentalnya, untuk tidak terjadi perilaku kekerasan," pungkasnya.

TKN sambut baik PAN Sumsel yang membelot ke Jokowi
 Gerindra minta pemerintah lakukan audit E-KTP yang tercecer di Duren Sawit
PWJ desak usut tuntas pengeroyok wartawan di Polsek Ciracas
Komisi II nyatakan pentingnya netralitas PNS Banten
Bank BRI raih penghargaan tata kelola perusahaan terbaik
DPR nilai misi perdamaian sebagai modal Indonesia
Gerindra apresiasi pengakuan La Nyalla Mahmud yang sebar isu Jokowi PKI
IHSG menguat, namun saham dua perusahaan ini ajlok
DPR belum putuskan bentuk Pansus bahas e-KTP
DPR: saatnya fokus pada daerah kepulauan
Tips beli produk Puma original dengan harga murah
Utang menggunung Waskita Karya
Terlupakannya Asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi
Bantah pecat DPW Kalsel, PAN: Kami butuh Muhidin
DPR sebut pengrusakan Polsek Ciracas tindakan kekanak-kanakan
Fetching news ...