Nyepi 1940 Saka

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Nyepi 1940 Saka

Umat Hindu di Indonesia merayakan Nyepi hari ini, Sabtu (17/03/2018). Kemarin, umat Hindu melakukan prosesi Tawur Agung Kesanga, yang merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940. 

Perayaan Nyepi paling terasa adalah di Bali yang mayoritasnya pemeluk Hindu. Umat Hindu tak hanya menghentikan kegiatan secara total. Bahkan, mereka meminta pemerintah mematikan koneksi internet untuk sementara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menghormati keinginan masyarakat di Bali yang menginginkan tidak ada internet selama hari raya Nyepi tersebut.

"Saya menghormati, biar bagaimana pun, Bali punya kekhasan," kata Rudiantara saat ditemui di acara Alibaba Cloud, Kamis (15/03/2018).

Menkominfo menyatakan sudah berdiskusi dengan kementerian agama, pariwisata dan sektor terkait lainnya hingga akhirnya mempersilakan operator seluler untuk mengaktifkan atau mematikan layanan data internet mereka di Bali selama Nyepi.

Secara teknis, lanjut dia, mematikan internet mungkin saja dilakukan, namun, kemampuan operator seluler di lapangan untuk melaksanakannya berbeda.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau operator telekomunikasi untuk menghentikan sementara layanan akses internet selama Hari Besar Nyepi pada 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai dengan 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA, tertuang dalam Surat Edaran Nomor 369 Tahun 2018 Tentang Himbauan Tidak Bersiaran (Off Air) Pada Hari Raya Nyepi Tahun 2018 Di Wilayah Provinsi Bali.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo Ahmad Ramli dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Rabu (14/3) menyatakan imbauan tersebut tidak berlaku untuk objek-objek vital serta layanan umum yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung seperti rumah sakit, kantor imigrasi dan perbankan.

"Intinya diserahkan kepada operator bagaimana mengatur, tetapi khusus objek vital dan rumah sakit tetap berlangsung dengan kualitas yang baik," ujar Ahmad Ramli.

Tidak hanya internet yang dimatikan untuk mendukung Nyepi. Sebanyak 17.600 lampu penerangan jalan umum di Denpasar juga akan dipadamkan Dinas Perhubungan Kota Denpasar.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Denpasar, Ketut Sriawan mengatakan Dinas Perhubungan Denpasar akan memadamkan lampu-lampu itu mulai pukul 03.00 WITA. Sriawan mengatakan, terdapat 668 unit panel lampu LPJU dilakukan pemantauan petugas penerangan jalan umum Dinas Perhubungan Denpasar. Sebanyak 85 orang petugas LPJU yang akan memantaun titik panel itu.

Mereka yang tidak merayakan

Sebagian masyarakat yang tidak merayakan memili keluar Bali menjelang Hari Raya Nyepi. Kepadatan di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, mulai terpantau pada Kamis (15/03) petang dan puncak antrian terjadi Jumat malam.

"Agar cepat terurai, kami melakukan pengalihan arus lalu lintas. Khusus kendaraan kecil, diarahkan melewati gang-gang perkampungan yang tembus ke pelabuhan," kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Komisaris I Nyoman Subawa, kemarin.

Untuk jalan raya utama Denpasar-Gilimanuk yang langsung menuju pelabuhan, menurutnya, hanya diperbolehkan bagi truk, kendaraan besar serta sepeda motor.

Ia mengatakan, antrian panjang kendaraan ini tidak terjadi terus menerus, melainkan ada jeda waktu sehingga pengaturan kendaraan lebih mudah dilakukan.

Sementara itu, Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk Heru Wahyono mengatakan, untuk mempercepat penyeberangan pihaknya mengerahkan 32 unit kapal dengan seluruh loket beroperasi.

Lonjakan kendaraan yang keluar Bali terjadi setiap menjelang Hari Raya Nyepi, dengan puncak sehari sebelum hari raya tersebut.

300 Purnawirawan Jenderal TNI dukung Prabowo-Sandi
 Ini alasan perempuan IJMA dukung Jokowi-Ma'ruf
DPR ingatkan pendukung paslon untuk bersikap dewasa selama Pilpres
Ma'ruf Amin optimistis P-IJMA raup banyak suara perempuan di Pilpres
Manfaat yoghurt untuk kecantikan alami
Dapat nomor urut 2, ini respons Timses Prabowo-Sandi
Mengenang sosok menteri termiskin kesayangan Soekarno dan Soeharto
Ini tiga tugas wajib caleg Gerindra
Prabowo-Sandi ke KPU diiringi drum band dan pencak silat
Jokowi minta Menko panggil Mendag dan Kabulog terkait polemik beras
 Jokowi-Ma'ruf ambil nomor urut di KPU ditemani oleh Ketum Parpol
Rupiah menguat imbas sentimen positif dari Bank Dunia
Polemik beras dapat timbukan kecurigaan di masyarakat
Dieliminasi KPU dari daftar caleg DPD, Oso melawan
Meski memaafkan, SBY tetap akan bongkar fitnah Asia Sentinel
Fetching news ...