News Law

Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf Massa dari Aliansi Pemuda Papua Indonesia (APPI) mendesak KPK minta maaf

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Papua Indonesia (APPI) mengeruduk Gedung Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, mendesak lembaga antirasuah tersebut meminta maaf.

Kedatangan massa APPI adalah buntut dari penggeledahan Kantor Gubenur Papua Lukas Enembe pada 2 Februari 2017 dan Misi OTT KPK yang gagal di Hotel Borobudur Jakarta. APPI menilai hal tersebut sebagai bentuk pembunuhan karakter yang sengaja dilakukan oleh oknum di tubuh KPK.

"Semesti KPK dan para pihak yang terus mengganggu Gubernur Enembe berterima kasih kepada Gubernur Lukas Enembe atas semua sikap dan kebijakan dalam melindungi dan memajukan Papua. KPK harus jujur dan menyampaikan permohonan maaf secara terbuka," kata Koordinator APPI Otis Iryo, saat aksi unjuk rasa di depan Gedung KPK hari ini, Jumat (15/02/2019).

"Jangan zalimi Gubernur Lukas Enembe. Ada upaya massif pembunuhan karakter. Rakyat Papua sangat mengutuk tindakan KPK yang tidak profesional," tegas dia lagi.

APPI juga menduga kuat ada pesanan politik khusus KPK dalam melakukan upaya kriminalisasi Gubenur Papua Lukas Enembe. Hal itu dapat ditelisik dari lembaga antirasuah itu yang sangat agresif dalam upaya mengkriminalisasi Gubenur.

"KPK Harus melakukan OTT secara profesional, jangan hanya seperti security seperti yang terjadi di Hotel borobudur. Tindakan KPK di Hotel Borobudur merupakan tindakan yang tidak profesional.

"Kami menginginkan KPK berdiri secara mandiri," tegasnya.

Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Fetching news ...