PKB kritik pilihan cawapres Prabowo tak dengarkan aspirasi umat muslim

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

PKB kritik pilihan cawapres Prabowo tak dengarkan aspirasi umat muslim Foto: Haryanti P Sari

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengkritik pilihan Prabowo Subianto soal calon wakil presiden yang akhirnya mengambil mantan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Menurutnya, pilihan Prabowo itu tak mendengarkan aspirasi umat muslim dan patut dipertanyakan.

Karding juga mengatakan pilihan Prabowo yang tidak mengambil cawapres dari kalangan ulama mengejutkan. Sebab, Prabowo sebelumnya telah diberikan rekomendasi cawapres dari GNPF yang merupakan Ijtima Ulama bersama tokoh-tokoh nasional.

"Justru mestinya yang ditanyakan, mestinya ijtima ulama itu didengarkan. Jadi dua calon presiden itu yang mestinya diambil prabowo kalau betul-betul serius mengelola dan memperhatikan aspirasi umat khususnya umat muslim," kata Karding di Hotel Oria, Jakarta, Senin (13/08/2018).

Karding juga menyampaikan isu keagamaan yang biasa diberikan kepada Jokowi sudah tidak relevan lagi. Pasalnya, Jokowi telah memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019 mendatang.

"Ketika sekarang Kiyai Ma'ruf yang dipilih Pak Jokowi, Maka narasi soal serangan keagamaan itu tidak bisa lagi," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan sosok cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang, yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. Dalam koalisi petahana sembilan partai sepakat memperlihatkan kolaborasi nasionalis dan religius. 

Sementara itu dari kubu oposisi, Prabowo dengan lika-liku pencarian cawapresnya akhirnya berlabuh pada Sandiaga Uno. Hal ini mengejutkan karena sebelumnya Prabowo telah menerima rekomendasi cawapres dari Ijtima Ulama yang mengusung Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf dan Ustadz Abdul Somad sebagai cawapres.

TKN: Jokowi sudah persiapkan jurus hadapi debat kedua
PSI minta kubu Prabowo klarifikasi soal tudingan Jokowi pakai konsultan asing
Kubu Jokowi nilai Prabowo cari panggung
TKN nilai tak masalah menteri bantu Jokowi susun materi debat
Simulasi Prabowo menang di 12 daerah dinilai hanya kipasan angin surga
Aktivis lingkungan nilai Jokowi komitmen kelola SDA untuk rakyat
Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf
PSI nilai manuver politik oposisi soal tudingan konsultan asing terlalu bodoh
Kubu Jokowi: Kemenangan di Jawa Barat jadi barometer suara nasional
 Tuduh pakai konsultan asing, PSI tuding oposisi yang sengaja hancurkan citra Jokowi
Prabowo sebut harga beras dan daging RI tertinggi, Kubu Jokowi: Jangan bohong lagi!
DPR prioritaskan Hakim karir
Golkar optimis Jokowi -Ma'ruf ungguli pesaing di debat kedua
IHSG menguat ke level 6.402,43
Mencari hakim negarawan
Fetching news ...